Website counter

Senin, 16 April 2012

Be a Light!

Baca : Yesaya 8:23-9:6
Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. (Yesaya 9 : 1)

Pernahkah rumahmu mengalami pemadaman listrik di malam hari? Perumahan tempatku tinggal saat hujan lebat kerap mengalaminya. Saat sedang menonton tv, tiba-tiba listrik mati sehingga keadaan langsung gelap gulita, dan sekitar 10 detik aku ngga bisa melihat. Namun setelah lewat 10 detik, mataku mulai terbiasa dalam gelap sehingga bisa berjalan ke kamar tidur tanpa tersandung sofa. Tangan saya dengan cekatan bisa mengambil korek api dan lilin yang saya taruh di laci. Bisakah aku melakukan segala aktifitas dalam kegelapan di rumahku sendiri? Bisa, namun tentu tidak akan maksimal hasilnya.

Hari ini masih banyak saudara-saudara kita hidup dalam kegelapan dan kabar buruknya mereka tidak risih hidup dalam kegelapan karena sudah terbiasa. Di kantor mereka sudah biasa bohong, atau melihat video porno di hp, sehingga tidak merasa risih itu adalah dosa. Di rumah, mereka sudah biasa bangun kesiangan, sehingga tidak merasa itu menganggu produktivitasnya. Dalam bergaul mereka sudah biasa omong kotor, sehingga tidak bisa merasakan orang lain tersinggung atau risih mendengar tutur katanya. Kabar baiknya kita sudah tahu kebenaran dan sudah menjadi terang Tuhan. Bagian kita adalah mendekati dan menjadi pengaruh buat mereka. Terang selalu mengalahkan kegelapan. Kalau terang hadir, kegelapan akan menyingkir. Kita mendekati mereka bukan untuk dipengaruhi kebiasaan jelek mereka, namun kitalah yang jadi pengaruh agar mereka meniru kebiasaan positif kita.

Yesus lahir ke dunia sebagai terang, dan kita mencontoh karakter Kristus. Kalau kita memiliki karakter Kristus, pasti kita sanggup memberikan pengaruh positif bagi orang-orang sekitar kita sama seperti Kristus yang selalu menjadi daya tarik banyak orang sehingga di mana Yesus berkhotbah, ribuan orang datang. Jadilah pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar kita agar mereka mengerti kebenaran firman dan bertobat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Rabu, 18 April 2012
Pertanyaan    : Apakah tanpa sadar aku hidup dalam gelap?
Aplikasi          : Jadilah pengaruh positif.
Doa                 : Tuhan, bantu aku agar mampu menjadi terang bagi sekelilingku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar