Website counter

Kamis, 02 Februari 2012

Zona Nyaman

Baca : I Petrus 5 : 8 – 11
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (I Petrus 5 : 8)

Beberapa waktu lalu, terjadi beberapa kecelakaan di tol Cipularang. Opini pun bermunculan, mulai dari tol itu angker, kesalahan pengendara, kendaraan yang buruk perawatannya, bahkan kondisi jalan yang dirasa kurang aman. Sebetulnya penyebab kecelakaan di jalan tol yang logis adalah karena pengemudi merasa nyaman. Tol Cipularang yang menghubungan Jakarta - Bandung misalnya, memilliki panjang kurang lebih 57 Km. Kita bisa ngebut puluhan kilometer tanpa ada gangguan, dan tanpa ada lampu merah. Alhasil kalau kita tak waspada, kecelakaan akan terjadi.

Hal yang sama juga terjadi dalam kehidupan rohani kita. Keadaan yang nyaman dan baik-baik saja kadang bisa menjadi racun yang membuat kita jatuh. Jangan pikir kalau keuangan bagus, keluarga harmonis, pelayanan di gereja oke, kesehatan tidak ada masalah, iblis cuti menganggu kita. Salah! Iblis justru bisa menyusup dan menjatuhkan kita kalau tidak waspada dan jaga hati (ayat 8). Cobalah pikir bagaimana keadaan mula-mula seseorang yang bisa selingkuh atau gila harta? Saat kondisinya nyaman dan keuangannya memadai sehingga ia bisa membayar perempuan untuk tidur atau membeli harta ini dan itu yang dia mau. Umumnya orang jatuh dosa saat sedang berkelimpahan. Jangan merasa kita pasti bisa selalu rohani kalau keadaan kita baik-baik saja dan tak ada masalah berarti.

Saat ini kalau kita merasa keadaan kita nyaman dan tak berkekurangan, tetaplah waspada karena zona nyaman bisa iblis pakai untuk menjatuhkan kita. Zona nyaman bisa membuat kita berhenti meningkatkan kualitas diri, mempertebal keimanan, tidak waspada, atau malas bekerja. Selalu waspada dan hati-hati dengan godaan iblis. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku jaga rohaniku saat ini?
Aplikasi          : Selalu waspada.
Doa                : Tolong bantu aku Tuhan agar selalu waspada dalam segala keadaan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar