Website counter

Selasa, 14 Februari 2012

Niat dan Usaha

Baca : Hakim-hakim 8 : 4 – 21
Gideon maju melalui jalan orang-orang yang diam di dalam kemah di sebelah timur Nobah dan Yogbeha, lalu memukul kalah tentara itu, ketika tentara itu menyangka dirinya aman. (Hakim-hakim 8 : 11)

Berat badan rata-rata pelari marathon putra sekitar 55 kg. Jumlahkan ketiganya dan Anda akan mendapatkan Kelly Gneiting. Kelly adalah juara nasional sumo Amerika Serikat tiga kali, yang memiliki bobot 181,5 kg saat mengikuti Maraton Los Angeles pada bulan Maret 2011. Setelah berjuang selama 9 jam 48 menit 52 detik, dia berhasil mencapai finish dan mencatatkan diri dalam Guinness World Record sebagai pelari terberat yang menyelesaikan marathon sejauh 42,195 kilometer. Kelly berlari-lari kecil di 12 km pertama dan menyelesaikan sisanya dengan jalan kaki. Kelly sering berhenti di perempatan dan lampu merah karena tertinggal jauh dari kecepatan standar yang ditetapkan panitia, yaitu delapan menit per kilometer. walau mengaku kelelahan setelah 16 km berlari, Kelly pantang berhenti sebelum mencapai finish sehingga akhirnya dia terus melangkah sampai finish.

Di Alkitab ada kisah Gideon mengalahkan 12 ribu orang banyaknya dengan tiga ratus orang yang kelelahan dan kelaparan. Pada waktu itu Gideon sedang mengejar Zebah dan Salmuna, dan meminta bantuan kepada orang-orang kota Sukot dan Pnuel. Namun jawaban mereka menyakitkan hati. Mereka berkata sudahkah Zebah dan Salmuna di tangan Gideon. Intinya mereka tidak mau memberikan bantuan kalau Gideon belum berhasil menangkap kedua orang ini. Belum berhasil kok minta makan. Gideon marah dan berjanji setelah berhasil menangkap keduanya, menara Pnuel akan dia robohkan dan menggaruk tubuh tua-tua para pemuka di Sukot dengan duri padang gurun dan onak. Gideon akhirnya menang melawan musuh walaupun secara hitung-hitungan tidak mungkin menang, karena dia percaya pada Tuhan dan pantang menyerah.

WANITA, dari kedua cerita tadi, kita bisa mengambil hikmat bahwa di mana ada niat dan usaha, disitu kita akan menuai hasil. Kalau kita selama ini menginginkan sesuatu hanya sebatas niat namun malas bekerja, hasil tak akan pernah kita petik. Bekerja tanpa niat pun sia-sia karena apa yang kita lakukan tidak maksimal. Apapun cita-cita dan resolusi kita tahun ini, miliki niat dan usaha untuk dapat mewujudkan dan memilikinya. Jangan lupa, selalu sertakan Tuhan dalam niat dan usaha itu. Bersama Tuhan, kita akan mampu menyelesaikan segala tantangan, sama seperti yang pernah Gideon alami. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Minggu, 12 February 2012
Pertanyaan     : Sudahkah aku berdoa dan berusaha?
Aplikasi          : Miliki niat dan usaha, maka kita akan mendapatkan hasil.
Doa                : Tuhan, ajar aku mau berusaha saat meminta sesuatu darimu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar