Website counter

Rabu, 08 Februari 2012

Commifora Myrrha

Baca : II Korintus 2 : 12 – 17
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. (Matius 2 : 11)
  
Di Indonesia, banyak orang masih salah mengerti tentang Mur yang diceritakan Alkitab. Mereka menganggap Mur yang dimaksud adalah pasangan sekrup. Padahal Mur yang dimaksud adalah sejenis gumpalan getah kering yang berwarna merah tua dengan suatu aroma yang sangat kuat dan digunakan sebagai bahan campuran utama bagi pembuatan minyak siraman yang suci dan minyak wangi. Bahasa latin mur adalah Commifora myrrha (Cistus Salvi folius). Orang Yunani menyebutnya Smurna. Orang Ibrani menyebutnya Mor.

Mur harganya mahal sekali karena selain digunakan sebagai minyak suci, pembalseman mayat-mayat para raja dan orang kaya, juga digunakan untuk bau-bauan pakaian, deodorant, dll. Mur banyak ditemukan di berbagai daerah Arabia, Abyssinia, dan Somali. Dalam peristiwa kelahiran Tuhan Yesus, salah satu orang Majus mempersembahkan mur sebagai bukti mereka sangat bersukacita akan kelahiran Yesus.

Jagoan Kristus, Tuhan ingin hidupmu harum dan mahal seperti mur. Harum disini bukan secara fisik yaitu kamu selalu pakai parfum, namun perbuatanmu. Perbuatan yang harum contohnya kamu rajin belajar sehingga berhasil menjadi juara tingkat nasional sehingga membuat bangga orangtua dan sekolah, kamu mau membantu adikmu belajar, kamu mau menunggui temanmu yang sakit di ruang UKS, kamu mau berbagi jajanmu kepada teman yang tidak bisa membeli jajan, atau kamu menunjukkan arah jalan yang benar kepada seseorang yang bertanya tentang arah jalan di kotamu. Isi hidupmu dengan selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang mengharumkan nama Tuhan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Senin, 27 February 2012
Pertanyaan     : Apakah tindakanku mengharumkan nama Tuhan?
Aplikasi          : Isi hidupmu dengan melakukan perbuatan yang memuliakan Tuhan.
Doa                : Sertai pikiranku agar selalu menghasilkan tindakan positif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar