Website counter

Rabu, 29 Februari 2012

Tahu Terima Kasih

Baca : I Tesalonika 5 : 12 – 22
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. (I Tesalonika 5 : 18)

Di Kota Tokyo, ada ribuan gelandangan yang sebagian besar bermukim di Taman Ueno dan sekitar Stasiun Sinjuku. Di Taman Ueno, mereka mendirikan tenda-tenda dan hidup berkelompok. Masalah mandi tak jadi soal karena tinggal masuk toilet umum dan tak usah membayar. Mengenai makan dan minum pun mereka tak perlu pusing karena organisasi-organisasi swadaya masyarakat di Jepang memberikan mereka uang tunjangan untuk makan. Di sekitar Stasiun Sinjuku, mereka menghamparkan kasur empuk dan tikar untuk beristirahat. Ada sebagian gelandangan yang berjualan majalah dan buku bekas untuk memperoleh sedikit uang. Sebagian para gelandangan ini adalah orang yang malas bekerja, sebagian lagi karena mengalami pemutusan hubungan kerja, sebagian kecil adalah orang yang bosan dengan hidup mereka. Jadi karena mereka terlalu kaya dan bisa membeli apapun. Mereka coba-coba jadi gelandangan. Memang aneh namun benar-benar terjadi.

WANITA, walaupun nasib gelandangan di Tokyo berbeda jauh dengan gelandangan di kota kita, namun sebetulnya hidup mereka tetaplah sama. Mereka membutuhkan bantuan orang lain agar bisa tetap menyambung hidup karena pekerjaan mereka ala kadarnya, mereka tak punya tempat tinggal dan keluarga sehingga terpaksa hidup mengelandang. Saat ini kalau kita masih bisa tinggal dalam sebuah rumah, bisa tidur dalam sebuah kamar yang tidak bocor dan terlindung dari terpaan udara bebas, bisa bekerja dengan mendapatkan upah yang layak, bisa menyekolahkan anak, bisa sehat, mengucap syukurlah. Mungkin ini terkesan sederhana dan mudah dilakukan, namun ada sebagian orang yang sudah tak bisa lagi mengucap syukur atas setiap hal-hal luar biasa yang setiap hari mereka terima. Alasannya? Karena mereka terlalu biasa menerimanya dan hanya fokus dengan apa yang belum mereka terima.

WANITA, mengucap syukurlah atas segala keadaan yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita. Tak lupa pula kita selalu mengucap syukur atas setiap berkat luar biasa yang setiap hari boleh kita terima dengan gratis. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 24 February 2012
Pertanyaan     : Apakah aku selalu mengucap syukur dalam segala hal?
Aplikasi          : Mengucap syukurlah dalam segala hal.
Doa                : Tuhan, terima kasih untuk setiap berkat yang boleh aku terima hari ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar