Website counter

Kamis, 02 Februari 2012

Dua Jam Saja

Baca : Lukas 12 : 35 – 48
Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan." (Lukas 12 : 40)

Seminggu yang lalu daerah perumahan saya mendapat pemadaman bergilir mulai pukul 10.00 – 16.00. Padahal hari itu ada beberapa tugas yang harus saya kerjakan memakai laptop. Karena menyadari listrik mati lama sedangkan baterai laptop hanya mampu bertahan maksimal dua jam saja. Sebelum menyalakan laptop, saya susun dahulu mana tugas yang harus saya kerjakan sekarang dan mana yang nanti. Setelah laptop menyala, saya gunakan tenaga baterai sehemat mungkin. Saya tidak menyetel musik, buka internet, atau download data. Hanya mengerjakan tugas. Dua jam itu saya gunakan untuk bekerja, padahal biasanya saya berhenti sebentar untuk ngemil, mengetik sambil mendengarkan musik, atau kadang meninggalkan laptop tetap menyala sambil download beberapa data. Saya berusaha secepat mungkin membereskan pekerjaan karena sadar kekuatan baterai hanya sementara.

Jika hari ini ada sebagian kita benci dengan deadline yang diberikan pimpinan, bersyukurlah karena itu membuat pekerjaan kita maksimal. Jujur saja, kita semua kadang santai-santai kalau batas waktu kita mengerjakan sesuatu tidak terbatas, atau sumber daya untuk mengerjakan sesuatu itu melimpah. Lalu bagaimana cara tetap bisa bekerja maksimal dan tidak menyia-nyiakan waktu saat menunggu kedatangan Tuhan? Tetaplah waspada. Tak ada seorang pun tahu kapan Tuhan datang. Bisa saja Tuhan datang hari ini, 10 hari lagi, atau bahkan 20 tahun lagi. Kita pun tak pernah tahu berapa usia kita di bumi.

Beberapa saudara kita yang divonis dokter akan mati dalam hitungan hari atau bulan, bisa sangat maksimal karena tahu waktu mereka terbatas. Bersyukurlah kita memiliki waktu yang tiada batas, namun jangan hidup seenaknya. Bekerjalah seolah-olah kita akan mati besok, namun gantunglah mimpi kita setinggi langit seakan-akan kita masih hidup seribu tahun lagi. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Motivator – Minggu, 05 February 2012
Pertanyaan     : Apakah aku menggunakan waktuku dengan bijaksana?
Aplikasi          : Bekerjalah seolah kita akan mati besok.
Doa                : Tuhan, ajar aku menggunakan waktuku dengan bijaksana. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar