Website counter

Rabu, 08 Februari 2012

Diam atau Bicara?

Baca : Amsal 11 : 12
Ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; (Pengkhotbah 3 : 7)

Jagoan Kristus, apakah diam itu berguna? Pertanyaan ini tidak mudah dijawab karena kalau kita mengatakan tidak ada gunanya, suatu saat ada gunanya. Tetapi kalau kita mengatakan berguna, tidak jarang keadaan diam itu menjadi penghalang bagi seseorang untuk maju atau mengakui kesalahan. Diam memiliki sisi negatif dan positif. Ada kalanya kita harus berdiam diri, namun ada waktunya kita tidak boleh berdiam diri. Kalau kita tidak tahu sama sekali namun tidak mau bertanya, itu namanya orang yang bodoh.

Steve termasuk anak yang pendiam, namun dalam kondisi tertentu ia cakap dalam berbicara. Ketika teman-temannya sibuk menjelek-njelekan ibu guru, Steve memilih diam. Ketika teman-temannya mengeluarkan lelucon-lelucon porno, Steve pun tetap diam. Namun ketika ibu guru memintanya maju ke depan kelas dan menerangkan tentang adaptasi mahluk hidup, dengan lancar dan tidak malu-malu ia menerangkan semua hal yang ia ketahui. Ketika pulang sekolah dan ada orang bertanya tentang suatu alamat, dia pun menjelaskan dengan baik. Kamu bisa mencontoh cara Steve menggunakan diam pada tempatnya.

Jagoan Kristus, pepatah kuno berkata bicara itu perak, diam itu emas. Pengkhotbah berkata ada waktunya berdiam diri, ada waktunya berbicara. Jangan menjadi anak yang pendiam, namun jangan juga menjadi anak yang cerewet sehingga orang menjulukimu tong kosong nyaring bunyinya. Jadilah anak yang bijaksana dalam berkata-kata dan bertindak. Diam kalau dipergunakan pada tempatnya selalu membawa hasil yang gemilang, bicara tepat pada waktunya akan menghasilkan berkat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Selasa, 07 February 2012
Pertanyaan     : Apakah aku bicara tepat waktu?
Aplikasi          : Bicara dan diamlah tepat waktu.
Doa                : Tuhan, ajar aku menggunakan lidahku dengan benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar