Website counter

Rabu, 08 Februari 2012

Memberi Tumpangan

Baca : Matius 25 : 40
Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. (Matius 25 : 40)

Saat masih kuliah saya belum punya kendaraan. Satu hari saya pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas kuliah. Karena hari itu akhir bulan dan kiriman dari ortu belum turun, uang di dompet tipis, hanya cukup untuk makan sekali dan naik bus kota dua kali. Padahal saya harus ganti bus empat kali. Untuk menghemat ongkos, akhirnya saya pilih jalan kaki walaupun jauh. Saat berjalan, seorang kawan yang beda fakultas lewat sambil mengendarai motor. Melihat saya berjalan ke arah yang ditujunya, ia berhenti dan bertanya mau ke mana. Setelah saya menyebut tempat tujuan, dia lalu menawari untuk menumpang motornya, kebetulan ia membawa dua helm. Saya membonceng motornya sampai tujuan. Bagi teman ini, ia mungkin lupa pernah menolong saya, andai ingat pun ia hanya menganggap itu tindakan yang biasa aja. Tapi bagi saya kebaikan kecilnya membekas sampai hari ini.

Untuk bisa berbuat baik, kita sesungguhnya tak perlu menunggu kaya atau hebat dahulu. Ada banyak kebaikan yang bisa kita tabur sekalipun mungkin bagi kita itu adalah tindakan kecil yang nggak ada artinya. Menyapa teman lebih dahulu dibarengi senyuman tulus, menengok teman yang masuk RS sekalipun tak bawa buah tangan, menawari tumpangan pada teman yang berjalan kaki, meminjamkan payung, mengirimkan sms saat teduh, memeluk teman yang menangis, adalah contoh kebaikan kecil. Mungkin bagimu itu bukan kebaikan, namun bagi orang yang menerimanya itu sangat membekas dan orang itu anggap luar biasa.

Sudahkah kamu menabur kebaikan hari ini? Taburlah kebaikan walaupun sangat kecil dan sepertinya tidak berharga. Tuhan memberikan rahasia masuk surga yaitu segala sesuatu yang kita lakukan kepada semua orang, walaupun terkesan kecil, kita melakukannya untuk Tuhan. Jadi taburlah kebaikan kepada siapa pun yang kamu temui hari ini. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Minggu, 19 February 2012
Pertanyaan     : Sudahkah aku menabur kebaikan hari ini?
Aplikasi          : Taburlah kebaikan kepada siapa pun hari ini.
Doa                : Tuhan, lembutkan hatiku agar bisa mengasihi orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar