Website counter

Rabu, 01 Februari 2012

Belajar dari Kesalahan

Baca : Kisah Para Rasul 2 : 14 – 40
Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. (Kisah Para Rasul 2 : 14)

Anne Busquet mendapat kesempatan menjadi manajer umum Optima Card, salah satu unit usaha American Express. Namun, reputasinya hancur saat 5 bawahannya ketahuan menyembunyikan kerugian perusahaan sebesar 24 juta dollar. Ia dipindahkan ke cabang bisnis perusahaan yang lebih kecil, dan kejadian ini menguncang mentalnya. Anne lalu mengoreksi diri dan menyadari bahwa sikap perfeksionisnya membuat bawahannya tertekan dan takut melaporkan adanya ketidakberesan. Anne pun berusaha untuk lebih sabar dan berlatih mau lebih mendengarkan. Ia membuka diri untuk menerima segala macam informasi. Hasilnya, perlahan kariernya kembali cemerlang, dan ia menjadi lebih kuat, bijaksana, dan terbuka.

Tak ada manusia sempurna, namun kita bisa menjadi manusia sempurna kalau terus belajar dari kesalahan dan memperbaiki diri. Tuhan ingin kita bersikap seperti Petrus yang belajar dari kesalahan. Membaca Kisah Para Rasul, kita tahu Petrus memiliki keberanian dihadapan banyak orang (ayat 14). Kita berpikir mungkin ini kuasa Roh Kudus. Memang betul kuasa Roh Kudus membuat Petrus berani (ayat 4), tetapi di sisi lain Petrus pun belajar dari kesalahan masa lalunya. Petrus tenggelam saat berjalan di atas air dan menyangkal Yesus tiga kali. Petrus penakut, namun ia berusaha memperbaiki diri. Hasilnya ia berani berkhotbah dan 3.000 orang bertobat.

Kalau saat ini kita selalu gagal di area yang sama, misalnya manajemen keuangan, mungkin selama ini kita belum belajar dari kesalahan. Sebuah kalimat bijak berkata keledai tak akan terperosok pada lubang yang sama sampai dua kali. Mari kita menjadi Murid Yesus yang selalu belajar dari kesalahan dan mau memperbaiki diri. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah kita mau belajar dari kesalahan?
Aplikasi          : Selalu mau memperbaiki diri.
Doa                : Tuhan, bantu aku untuk mau rendah hati mengoreksi diri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar