Website counter

Minggu, 05 Juni 2011

Dasar yang Teguh


Baca : Matius 7 : 24 – 27
Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Matius 7 : 24

Hujan yang melanda Pulau Jawa di awal bulan Desember 2010 membuat 9 kabupaten dan kota di Jawa Timur dan 4 kabupaten di Jawa Barat mengalami kebanjiran. Sembilan daerah di Jawa Timur itu adalah Surabaya, Kabupaten-kabupaten Madiun, Mojokerto, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Pasuruan, dan Sampang. Sedangkan 4 kabupaten di Jawa Barat adalah Kabupaten Bandung tepatnya kecamatan Baleendah, Kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Sumedang. Dalam banjir itu, beberapa jembatan dan tanggul jebol karena tidak mampu menahan kuatnya terjangan air. Kekuatan tanggul dan jembatan yang tak kuat menahan tekanan banjir membuat kerugian besar bagi pemerintah daerah sehingga mau tidak mau mereka harus kembali mengeluarkan biaya untuk membangunnya kembali.

WANITA, telinga kita sudah biasa mendengar tanggul dan jembatan ambrol atau jebol saat banjir tiba. Kisah tanggul dan jembatan rubuh tadi kiranya membuat kita memikirkan iman kita, seperti apa kita membangun iman kita? Apakah selama ini kita menjadi orang Kristen yang kelihatan sangat kuat ketika semua keadaan baik-baik saja, namun begitu mudah roboh saat banjir masalah tiba? Atau kita menjadi orang Kristen yang kelihatannya rapuh karena kesulitan ekonomi atau menderita sakit penyakit, namun tetap setia mengikut Tuhan dan melakukan perintah-Nya? Kualitas iman kita yang asli tak akan kelihatan dari cara kita menyembah Tuhan di gereja, dari berapa banyak uang di dompet kita, atau dari berapa banyak aksesoris berbau Kristen kita kenakan. Kualitas iman kita terlihat dari seberapa kita tetap kokoh saat banjir masalah datang.

WANITA, untuk memiliki iman yang kokoh, kita harus mau melakukan dua hal yang sangat penting yaitu mendengar dan melakukan perkataan Yesus. Melakukan perkataan Yesus berarti kita siap memikul salib dan melawan kedagingan kita. Jika saat ini kita mengalami banjir masalah, kuatkan hati dan bertahanlah karena Tuhan sedang menempa Anda. Jangan mundur atau lari dari masalah, namun hadapi dengan penuh keyakinan bahwa Anda pasti bisa menyelesaikannya bersama Tuhan. • Richard T.G.R.

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 10 Juni 2011
Pertanyaan    : Apa yang sudah aku lakukan untuk memiliki iman yang kokoh?
Aplikasi          : Jangan lari dari masalah.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tak hanya sekedar tahu kebenaran firman-Mu, namun juga melakukannya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar