Website counter

Minggu, 03 April 2011

Teman Tak Dikenal


Baca : Kisah Para Rasul 17 : 16 – 34
Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu. Kisah Para Rasul 17 : 23

Saya adalah salah satu pengguna Facebook dan memiliki banyak teman yang juga menggunakan Facebook. Saat saya update status, kadang saya menyempatkan diri melihat profil rekan-rekan saya ini, dan hasilnya mengejutkan. Ada beberapa teman yang bisa memiliki ribuan teman, padahal dalam kehidupan sehari-hari saya tahu dia adalah orang yang jarang bergaul dan pemalu. Ketika saya bertanya langsung kepada orangnya, dia menjawab bahwa punya banyak teman asal add saja. Lucunya dia kadang tak mengenal sama sekali teman Facebook yang dia add. Bahkan dia kadang sengaja mencari, mana yang wajahnya kelihatan cakep atau cantik, langsung dia add. Saya heran dan tak habis pikir apa untungnya dia punya banyak teman yang nggak dikenal. Demi sekedar gengsi dan kelihatan gaul mereka rela hidup dalam kepura-puraan dan kebanggaan semu.

Girls, apakah kamu temasuk tipe pengguna Facebook yang asal add orang menjadi teman namun sama sekali nggak kenal orang itu? Ingin memiliki teman dan sahabat itu sangat baik, namun bukan sembarangan saja menjadikan seseorang teman. Belajarlah mengenal seseorang terlebih dahulu sebelum berteman karena punya banyak teman tak dikenal itu sama aja seperti orang bodo yang sok pintar. Kisah orang bodo yang sok pintar juga ada dalam Alkitab, tepatnya di kota Atena.

Waktu itu Paulus singgah di Atena dan dia kaget melihat banyak banget patung di situ, termasuk sebuah mezbah untuk Allah yang nggak dikenal. Waktu itu Paulus diberi kesempatan berbicara di Areopagus. Saat Paulus selesai berbicara nampaklah kebodohan mereka. Memang mereka kelihatannya sangat taat beribadah, namun ketika Paulus jelasin siapa Allah yang sesungguhnya, sebagian besar mereka menolak dan hanya sedikit orang aja yang percaya.

Girls, mari kita menjadi pribadi yang tampil apa adanya dan mau terus menerus belajar memperbaiki diri. Miliki teman-teman yang benar-benar mendukung kamu untuk semakin mengenal Tuhan dan berkarakter, dan jangan pernah sembarangan menjadikan seseorang teman. Lebih baik punya sedikit teman yang berkualitas dan mengenal kita, daripada seribu teman yang sama sekali nggak mengenal kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Rabu, 27 April 2011
Pertanyaan    : Apakah aku sudah menjadi pribadi yang tampil apa adanya?
Aplikasi          : Jangan pernah sembarangan menjadikan seseorang teman.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tampil apa adanya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar