Website counter

Minggu, 03 April 2011

Clean Heart


Baca : Amsal 4 : 23 – 27
Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya. Lukas 6 : 45

Walau terkesan sepele, efek jerawat yang menghiasi wajah kita ternyata nggak sesimple iklan obat jerawat yang ada di TV atau majalah. Misalnya kamu jadi merasa malu dan nggak nyaman dengan dirimu sendiri karena merasa ada sesuatu yang salah. Akibatnya kamu jadi malas bersosialisasi dengan orang lain. Malu banget kan, kalau temanmu malah asyik merhatiin jerawatmu pas lagi ngobrol dibanding isi obrolannya. Jerawat itu nomal lho diderita remaja, karena pada masa puber seperti sekarang, hormon-hormon yang ada dalam tubuhmu sangat bergejolak.

Perubahan hormon ini menyebabkan meningkatnya pengeluaran minyak di kulit. Jika kamu tidak membersihkan kulit (terutama kulit wajah) dengan benar, maka minyak tadi bisa memicu timbulnya jerawat. Cara sederhana agar kamu tidak jerawatan adalah dengan rajin olahraga, karena dengan berolahraga suhu tubuhmu menjadi panas dan membuka pori-pori di tubuh dan wajah, sehingga kotoran yang menyumbat pori-pori mudah keluar. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari dengan pembersih wajah bebas minyak dan hindari memencet atau menyentuh-nyentuh jerawat.

Sama seperti jerawat yang nggak akan timbul kalau kita selalu menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, hati kita akan selalu bersih dan berkenan di mata Tuhan kalau senantiasa kita jaga dan bersihkan yang baik. Kita semua, kamu dan aku memang tak akan pernah suci dari dosa, sehebat apapun kita menjaga hidup. Memang bener apapun yang kita lakukan tak akan membuat kita suci seperti malaikat. Tuhan ngerti banget bahwa kita begitu lemah dan rapuh. But, Tuhan ingin kita selalu menjaga hati.

Menjaga hati di sini berarti kita sungguh-sungguh mau melakukan semua firman Tuhan walaupun kadang jatuh. Apa beda orang dunia dengan anak Tuhan? Orang dunia seenaknya berbuat dosa dan tak berusaha melawan dosa. Sedangkan anak Tuhan selalu berusaha melawan dosa dan menjaga hidupnya agar sesuai ajaran Tuhan. Kalau jerawat aja bisa nggak timbul kalau kita jaga kebersihan wajah, hati kita pun akan tetap bersih kalau kita rajin mengampuni kesalahan orang lain, nggak menyimpan kepahitan, buru-buru minta ampun pada Tuhan kalau jatuh dosa and selalu memasukkan hal-hal yang positif dalam hati. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Jumat, 29 April 2011
Pertanyaan    : Sudahkah aku menjaga kebersihan jasmani dan rohani?
Aplikasi          : Selalu mengoreksi diri.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk selalu menjaga kebersihan hatiku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar