Website counter

Selasa, 19 April 2011

Carilah Masalah


Baca : Matius 12 : 9 – 15a
Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. Matius 12 : 14

Di dunia ini tak ada seorang pun yang ingin mempunyai masalah dan mencari masalah. Orangtua kita pun sangat sering memberikan nasehat agar kita bisa menjaga diri dan jangan cari-cari masalah. Jujur, kita semua ingin tak punya masalah. Namun harapan itu tak akan pernah terwujud karena selama masih hidup masalah akan selalu ada. Oleh karena itu mencoba menghindari masalah adalah satu usaha yang sia-sia. Sebagai manusia yang ingin maju dan memberikan dampak positif bagi dunia ini, kita harus memiliki prinsip berani mencari masalah dan menyelesaikannya. Mencari masalah di sini tentu bukan secara negatif seperti membuat gara-gara dengan teman, sengaja mempermalukan bos dimuka anak buahnya, atau mengolok-olok kinerja rekan satu kantor. Mencari masalah berarti kita belajar peduli dengan masalah serius yang terjadi di sekitar kita dan mencari jalan keluarnya.

Para penemu benda-benda bermanfaat seperti Thomas Alfa Edison (bola lampu), Charles Goodyear (ban karet), C. Marconi (radio), Wright bersaudara (pesawat terbang), dan Benyamin Holt (traktor) adalah orang-orang yang sengaja mencari masalah dan menyelesaikannya. Dalam mewujudkan solusi berupa penemuan yang berguna bagi umat manusia, mereka pantang mundur ketika berulangkali gagal, mereka mencoba dan terus mencoba sampai berhasil. Wright bersaudara pantang mundur membuat pesawat terbang walaupun mendapat ejekan dari orang banyak dan berkali-kali gagal bahkan mengalami cidera karena mereka tahu penemuan mereka kelak akan sangat berguna dalam mempermudah transportasi. Usaha mereka tak sia-sia karena hari ini kita bisa menikmati hasilnya.

Yesus pun adalah Tuhan yang selalu mencari masalah dan menyelesaikannya. Yesus sengaja menyembuhkan orang di hari Sabat dan otomatis mencari masalah dengan orang-orang Farisi karena tahu tindakan-Nya itu benar dan memberikan kesembuhan. Ingin hidup Anda berarti dan meneladani Kristus? Beranilah mencari masalah secara positif dan menyelesaikannya. Para penemu berhasil menciptakan berbagai benda yang berguna bagi manusia karena mau mencari masalah dan menyelesaikannya, contohlah teladan mereka sehingga hidup yang Anda jalani memberi nilai-nilai positif. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Motivator – Kamis, 7 April 2011
Pertanyaan     : Apakah aku berani mencari masalah dan menyelesaikannya?
Aplikasi          : Perhatikan sekeliling dan selesaikan masalah yang ada.
Doa                 : Tuhan, berikan aku keberanian untuk menyelesaikan masalah di sekitarku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar