Website counter

Selasa, 04 Januari 2011

Senang Berkerut

Pantang Menyerah
Bacaan : Mazmur 92 : 13 – 16
Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban. Amsal 20 : 29

Takut berkerut? Itu sih biasa. Tetapi kalau Anda senang memiliki wajah berkerut, itu baru langka. Chow Yun Fat, aktor asal Hongkong ternyata sangat bangga dengan kerutan pada wajahnya. Jasmine, istrinya, mengatakan ia harus mengejar-ngejar Chow bila harus mengoleskan pelembab anti kerut di wajah suaminya. "Saya ingin sekali menambahkan lagi pelembab pada kulitnya. Kalau tidak saya yang memaksanya, ia tidak akan mau memakainya sendiri," tutur Jasmine setengah jengkel. Apa komentar Chow? Pria yang kini berusia 52 tahun ini berdalih kalau setiap kerutan melukiskan pengalaman hidup, dan sangat berarti baginya. "Uang tidak dapat membeli kerutan," katanya bangga. Ternyata kiatnya ini cukup berhasil. Terbukti wajahnya tetap terlihat matang dan simpatik walaupun terus menua.

Bertambahnya usia adalah hal yang wajar dan mau tak mau akan dialami semua orang. Sehebat apapun kita berusaha merawat tubuh agar tetap muda atau "kelihatan muda lebih lama", bertambahnya usia pasti akan membuat kekuatan fisik melemah, kulit makin keriput, dan uban semakin banyak di kepala kita. Serangan penyakit pun akan semakin terasa seiring melemahnya daya tahan. Menjadi tua adalah kodrat semua orang dan hal yang harus kita lakukan agar tetap bahagia dan semangat menjalani hidup sama seperti saat kita masih muda adalah menerimanya dengan lapang dada. Anda menjadi tua bukan berarti Anda tak lagi bisa produktif atau memberikan suatu nilai-nilai positif, namun justru harusnya membuat Anda memberikan buah yang lebih banyak lagi untuk Tuhan dan sesama. Abraham, Kolonel Sanders, Chow Yun Fat, Ir Ciputra, dan Musa, adalah contoh tokoh-tokoh Alkitab dan dunia sekuler yang semakin tua justru semakin bersinar karena mereka memandang usia tua bukan sebagai beban, namun sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga.

Berapapun usia Anda hari ini, mari syukuri hidup dengan melakukan yang terbaik melalui talenta yang Tuhan berikan. Setiap orang pasti akan menjadi tua, namun menjadi orang tua yang bahagia atau murung sesungguhnya tergantung dari diri kita sendiri. Jalani hari demi hari yang Tuhan berikan dengan penuh sukacita dan melakukan tindakan terbaik yang memuliakan Tuhan. • Richard T.G.R

Doa : Tuhan, ajar aku untuk mengucap syukur berapapun usia yang Engkau berikan kepadaku sampai hari ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar