Website counter

Selasa, 04 Januari 2011

Fokus

Pantang Menyerah
Bacaan : I Korintus 9 : 24 – 27
Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. I Korintus 9 : 26

Ketika membaca halaman sebuah surat kabar di pagi hari, saya membaca sebuah berita kecelakaan sebuah truk di Pulau Bali. Truk itu menabrak beberapa kendaraan dan menewaskan beberapa orang, sang sopir truk sendiri ikut tewas. Setelah di selidiki, polisi menyimpulkan kecelakaan terjadi karena human error, si sopir mungkin mengantuk sehingga tidak fokus saat mengemudikan. Berita atau kejadian yang sudah biasa kita baca sehingga kita menganggap hal itu lumrah, namun hal ini sesungguhnya tidak sepele. Penyebab terbanyak kasus kecelakaan yang berujung kematian bukan karena si supir tidak piawai mengemudi atau karena "diseruduk" kendaraan lain, namun karena tidak fokus. Bisa karena supir mengantuk, bertengkar dengan penumpang, atau menyetir sambil mengetik sms atau mengobrol lewat hp.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, fokus kepada tujuan diperlukan dalam segala hal. Baik saat kita mengemudikan kendaraan, saat ingin mencapai target hidup yang kita rencanakan, saat mengerjakan tugas, saat mengasuh anak, saat melakukan pelayanan di gereja, maupun saat kita bertumbuh di dalam Tuhan. Tanpa fokus yang benar, kita akan mengalami kecelakaan saat mengemudikan kendaraan, target kita tak kunjung tercapai, tugas kita terbengkalai atau karakter kita tak kunjung bertumbuh. Paulus dalam suratnya menasehati kita agar berlari dengan suatu tujuan, yang berarti kita harus benar-benar fokus terhadap apa yang kita raih. Sekali kita "meleng" atau hilang semangat, jangan pernah berharap bisa mewujudkan sesuatu yang ingin kita dapat.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, Paulus dan murid-murid Yesus yang lain bisa selesai menjalankan misi Tuhan di tengah tekanan para penguasa yang tidak suka kebenaran dan berbagai aniaya karena mereka fokus pada tujuan. Mereka tahu bahwa apa yang akan mereka dapat kelak setelah menyelesaikan perintah Tuhan sangatlah tak ternilai sehingga mereka melupakan hal-hal lain yang ada di sekitarnya seperti kedudukan, harta, maupun hidup yang nyaman. Anda ingin sukses dalam hal apapun yang ingin Anda capai? Fokuslah pada tujuan, andalkan Tuhan dan pantang menyerah, maka harapan Anda akan tercapai. • Richard T.G.R

Doa : Tuhan, sertai aku untuk selalu fokus mencapai target yang aku buat sendiri seturut dengan kehendak-Mu. Amin.

* RENUNGAN INI DI MUAT DI RHK ALETEA – RABU, 12 JANUARY 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar