Website counter

Selasa, 04 Januari 2011

Alzheimer

Pantang Menyerah
Bacaan : Amsal 4 : 23 – 27
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Amsal 4 : 23

Alzheimer adalah gangguan intelektual dan kemampuan kognitif yang menganggu performan sosial dan kerja. Penyakit ini biasanya menyerang pada usia 50 tahun ke atas. Di Amerika Serikat dan Eropa, Alzheimer menjadi penyebab kematian nomor 4 setelah kanker, jantung dan stroke. Tanda umum gejala Alzheimer pada stadium awal adalah kemunduran konsentrasi dan daya ingat, kesulitan mempelajari hal baru, mengulang-ulang sesuatu dengan lama, sering lupa pembicaraan atau janji, kesulitan membaca kalender dan menentukan waktu, terakhir ketidakmampuan memecahkan masalah sehari-hari seperti lupa menyalakan kompor. Cara sederhana dan murah untuk mencegah Alzheimer adalah dengan menghindari mengkonsumsi junk food, banyak melakukan kegiatan melatih otak seperti membaca buku, mengisi TTS, main game di komputer, dan berolahraga secara teratur untuk memperlancar aliran darah ke otak.

Input menentukan output. Apa yang Anda masukan dalam tubuh itu pula yang akan mempengaruhi kesehatan serta performan kerja Anda. Kalau selama ini Anda membangun tubuh jasmani dengan pola hidup sehat serta melakukan kegiatan-kegiatan positif, bisa dipastikan Anda akan menikmati hidup sampai tua dengan sehat. Tetapi jika Anda masa bodo dengan tubuh Anda, jangan mengeluh atau menggerutu ketika tua Anda begitu mudah sakit-sakitan dan pikun. Sama seperti tubuh jasmani, apa yang selama ini sudah kita berikan kepada tubuh rohani? Apakah kita membangun tubuh rohani dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti rajin membaca Alkitab dan buku-buku rohani, rajin berdoa dan berpuasa, atau kita rajin membesuk orang sakit? Apakah kita belajar mempraktekkan firman Tuhan dalam kehidupan sekuler seperti dalam pekerjaan dan keluarga?

Tubuh rohani akan selalu sehat dan tak mudah lemah menghadapi badai masalah kalau kita rajin memberinya "makanan bergizi." Namun kalau tidak teratur memberi makan tubuh rohani, tak heran kita begitu mudah jatuh dan depresi saat badai masalah menghantam. Mari isi hati kita dengan hal-hal yang positif sehingga tubuh rohani dan jasmani kita akan senantiasa sehat dan kita bisa melakukan banyak perbuatan yang memuliakan nama Tuhan. • Richard T.G.R

Doa : Tuhan, ajar aku untuk selalu memberikan makanan yang baik untuk tubuh rohani dan jasmaniku. Amin

* RENUNGAN INI DI MUAT DI RENUNGAN MUSA – JUMAT, 21 JANUARY 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar