Website counter

Senin, 29 Maret 2010

Labora Omnia Vincit


By : Richard T.G.R

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku. Filipi 4 : 13

Bacaan : Hakim-hakim 8 : 4 – 21


Menurut Anda, apa yang ada dalam benak Gideon ketika bertemu orang-orang Sukot? Sebenarnya Gideon sedang berharap agar orang-orang Sukot iba melihat keadaannya yang lapar dan letih setelah bertempur melawan orang-orang Midian, sehingga ia berusaha meminta roti kepada mereka. Namun ternyata penduduk Sukot sangat perhitungan. Mereka punya prinsip : ada uang ada barang, ada Salmuna dan Zebah baru ada roti. Belum bekerja kok sudah minta roti? Akhirnya dengan keadaan lapar dan lelah, Gideon dan pasukannya harus bertempur melawan musuh. Belakangan Gideon tak hanya berhasil mengalahkan musuh, tetapi juga menawan kedua rajanya.

Kerja keras mengalahkan semuanya, itulah arti judul renungan hari ini. Tanpa kerja keras janganlah kita berharap akan meraih kesuksesan dan keberhasilan. Banyak orang yang sebetulnya bisa meraih sukses dan keberhasilan, tetapi sayangnya mereka memilih untuk menyerah saat tidak ada dukungan. Ada yang menyerah karena alasan krisis moneter, pasar sedang sepi, tak punya modal, tak punya kemampuan, takut gagal, dan lain sebagainya. Mengenai hal tersebut, kitab Pengkhotbah mengingatkan, "Siapa senantiasa menabur angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai" (Pkh. 11:4).

Dari uraian di atas, kita tahu bahwa penghalang kita untuk maju dan berhasil akan selalu ada. Tetapi kita harus terus berusaha dan tidak boleh menyerah terhadapnya, apalagi Tuhan menjadikan kita sebagai pemenang dalam kehidupan ini. "Tetapi dalam semuanya itu kita lebih baik daripada orang-orang yang menang oleh Dia yang telah mengasihi kita" (Rm 8 :37). Mari kita berikan usaha terbaik untuk sisa pekerjaan yang ada. Yakinlah bahwa kita mampu membuat perubahan karenanya.


* Di muat di Renungan Siang – Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar