Website counter

Senin, 29 Maret 2010

Apakah Kebahagiaan Itu?

By : Richard T.G.R

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Filipi 4 : 4

Bacaan : Filipi 4 : 4 – 7


Apakah hari ini Anda bahagia? Akan beragam jawaban Anda berikan tergantung situasi ketika Anda bersaat teduh hari ini. Mungkin sebagian kita berkata sekarang saya bahagia karena ini hari pertama kita bekerja, mendapat buah hati, mendapat promosi kenaikan jabatan, dll. Namun, sebagian kita mungkin berkata saya tidak bahagia karena hari ini Anda baru saja kehilangan orang yang Anda kasihi, di PHK, mengalami sakit penyakit, dll. Apapun situasi dan kondisi yang Anda alami saat ini, mari kita belajar apa sih pengertian bahagia.

Arti bahagia secara sederhana adalah saat kita tidak merasa depresi, benci, takut, khawatir, tidak puas, bosan, rasa bersalah, marah, frustasi, sedih dan keraguan. Kalau hari ini Anda memikirkan salah satu yang saya tulis, bisa jadi Anda sedang tidak berbahagia. Bahagia juga tidak tergantung situasi atau kondisi namun tergantung pilihan kita sendiri. Paulus berkali-kali menasehati kita agar bahagia bukan karena dia saat itu kehidupannya sedang nyaman, namun Paulus menulis tentang kebahagiaan saat dirinya dalam penjara. Bahagia juga tidak tergantung harta karena kenyataan berbicara bahwa gelandangan yang tidur di emper pertokoan rata-rata bisa tidur nyenyak, sedangkan bos-bos yang memiliki perusahaan besar dan tidur di ranjang mewah kebanyakan tidak bisa tidur nyenyak.

Lalu apa resep sederhana agar hidup kita selalu bahagia? Jangan kuatir tentang apapun juga karena Tuhan selalu turut campur dalam segala perkara. Apapun situasi yang Anda alami saat ini, tetaplah mengucap syukur dan berkata Tuhan itu baik. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk menyesali hari kemarin namun hadapilah hari ini dengan penuh semangat.


* Di muat di RHK Aletea – April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar