Website counter

Selasa, 22 November 2011

Selalu Beruntung


Baca : Kejadian 3 : 1 – 24
Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu. (Kejadian 3 : 19)

Pernahkah Anda berandai-andai ingin menjadi orang yang selalu beruntung? Semua orang suka kalau sepanjang hidupnya dia selalu beruntung. Ingin naik kelas tak perlu susah payah bekerja, ingin dapat pekerjaan tahu-tahu ada perusahaan yang langsung merekrut, lagi tak punya tiba-tiba di jalan kita menemukan selembar uang berwarna merah, lagi lapar dan tak punya uang tiba-tiba ada teman mentraktir makan, dll. Puji Tuhan karena tak ada seorang pun di antara kita dijadikan orang yang selalu beruntung karena itu akan membuat kita malas dan tak mau berjerih payah. Sepanjang hidup kita harus selalu bekerja untuk mendapatkan hasil karena itulah upah dosa yang dilakukan nenek moyang kita.

Dikisahkan dalam Alkitab, sebelum manusia jatuh dosa, Adam dan Hawa ditugasi menjaga taman Eden. Meskipun tidak mengenakan pakaian dan hanya makan buah-buahan, mereka hidup dalam damai sejahtera Tuhan. Adam tak perlu bercocok tanam, Hawa tak perlu sibuk memasak. Namun ketika mereka jatuh dosa, Tuhan menghukum Adam, Hawa dan ular. Khusus untuk Adam, dia harus berpeluh untuk mencari makanan. Tuhan memang sudah sediakan lahan untuk Adam garap, namun Adam harus menanaminya dengan tumbuhan dan itulah makanannya seumur hidupnya. Di ayat selanjutnya, Habel menjadi gembala agar bisa makan daging. Jadi kalau kita hari ini harus susah payah bekerja, jangan mengeluh.

Kadang kita merasa iri dengan orang yang selalu kelihatan beruntung, namun sesungguhnya orang itu pun sama saja dengan kita. Dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keadaannya saat ini jauh beruntung daripada Anda karena dia bekerja lebih keras dan tekun. Atau bisa juga dia bersekutu dengan iblis sehingga usahanya seakan terus diberkati tanpa perlu susah payah bekerja. Bersyukurlah karena Tuhan sudah menyediakan rejeki yang cukup untuk kita hari ini dan bekerjalah dengan penuh semangat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 12 November 2011
Pertanyaan    : Apakah aku ingin menjadi orang yang selalu beruntung?
Aplikasi          : Bekerjalah dengan penuh semangat dan ucapan syukur.
Doa                 : Tuhan, ajar aku tidak iri dengan keadaan orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar