Website counter

Minggu, 06 November 2011

Berani Tidak Populer


Baca : Yohanes 5 : 19 – 47
Aku tidak memerlukan hormat dari manusia. (Yohanes 5 : 41)

Mantan bintang laga dan atlet binaraga yang pernah menjabat gubernur California, Arnold Schwarzenegger, prihatin dengan meningkatnya angka obesitas pada anak-anak Amerika. Oleh karena itu sewaktu ia masih menjabat gubernur, ia mengeluarkan suatu peraturan yang melarang vending machine (mesin otomatis) penjual junk food di sekolah-sekolah di California. Arnold mengakui tak mudah melakukan kebijakan ini karena banyak sekolah yang mengandalkan keuntungan lewat penyediaan mesin penjual makanan otomatis, namun ia yakin peraturan yang ia buat menyelamatkan nasib anak bangsa. Arnold beralasan anak-anak akan tumbuh menjadi apa yang Anda beri pada mereka. Jika Anda memberikan mereka junk (sampah) maka mereka akan menjadi tong sampah.

Membuat keputusan yang menyenangkan banyak orang memang lebih mudah daripada membuat keputusan yang menuntut banyak orang mengalami ketidaknyamanan. Saat pemilu, sudah biasa kita temui calon pemangku kekuasaan menebar janji-janji manis yang pro rakyat dan yang mensejahterakan rakyat. Mereka obral janji manis yang belum tentu ditepati karena tahu orang lebih suka mendengarkan hal-hal yang menyenangkan. Jika hari ini Anda bingung mengambil keputusan, beranilah mengambil keputusan yang benar sekalipun Anda menjadi tidak populer. Buat apa Anda populer kalau keputusan Anda di kemudian hari mencelakakan orang banyak?

Keluarga yang dikasihi Tuhan, tirulah Yesus yang berani membuat tindakan-tindakan tidak populer di kalangan orang Yahudi karena ia melakukan kebenaran Tuhan. Yesus dengan tegas berkata Ia tidak memerlukan hormat dari manusia. Jangan takut mengambil keputusan benar yang tidak populer, karena Yesus sudah sering melakukannya. Lebih baik Anda dibenci banyak orang karena mengambil keputusan yang menyelamatkan hidup mereka, daripada Anda dibenci Tuhan karena membuat keputusan yang enak bagi banyak orang namun menjerumuskan mereka dalam dosa. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 7 November 2011
Pertanyaan    : Apakah aku berani tidak populer untuk menyatakan kebenaran?
Aplikasi          : Tetap lakukan tindakan yang benar sesuai firman Tuhan.
Doa                 : Tuhan, berikan aku keberanian untuk melakukan kebenaran. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar