Website counter

Selasa, 22 November 2011

Peringatan Tubuh


Baca : Efesus 6 : 1 – 3
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. (Efesus 6 : 1)

Tahukah kamu bahwa tubuh kita sering memberikan beberapa peringatan? Kalau tubuh mengalami suatu gangguan, biasanya akan muncul peringatan. Ada 4 peringatan tubuh yang sering kita alami yaitu kesemutan, merinding, kedutan, dan dag dig dug. Yuk kita pelajari satu per satu.

Kesemutan  terjadi saat kita terlalu lama duduk bersimpuh, karena ada pembuluh darah atau saraf di tubuh yang tertekan. Jika terus tertekan, maka syaraf tidak dapat merasakan apa-apa lagi. Supaya kesemutan segera hilang, gerakkan atau pijat-pijat bagian tubuh yang tertekan. Kedutan adalah tanda kalau ada gangguan otot atau syaraf yang sangat peka di daerah tertentu. Syaraf itu bisa di tangan, kaki, kepala, kelopak mata, atau syarat di bagian tubuh lainnya. Biasanya kedutan tidak lama dan tidak berbahaya karena berfungsi untuk melepaskan listrik pada otot tertentu.

Merinding adalah kulit kita tiba-tiba berbintil-bintil, terasa kasar, dan bulunya berdiri. Ini bisa terjadi karena kita kedinginan. Tubuh harus segera menghangatkan diri sehingga udara dalam tubuh tidak boleh keluar. Caranya dengan menutup sementara tempat keluar masuknya udara, sehingga dengan sendirinya pori-pori membesarkan diri alias merinding. Dag dig dug adalah suara jantung kita yang berdetak sangat keras dan cepat. Itu terjadi karena kita merasa takut dan ingin segera kabur. Saat itulah otak akan memerintah tubuh membuat formula agar kita bisa bernafas dan bergerak lebih cepat sehingga kita bisa berlari lebih cepat. Kalau empat peringatan tubuh ini sering terjadi, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jagoan Kristus, tak hanya tubuh yang bisa memberi peringatan, Tuhan pun bisa memberi peringatan kepadamu dalam berbagai bentuk dan bisa melalui siapa saja. Bisa melalui orangtuamu, guru sekolah minggumu, teman sekelasmu, guru sekolahmu, atau saudara-saudaramu sendiri. Mereka memperingatkanmu untuk tidak melakukan ini atau itu karena mereka tahu itu tidak baik atau berbahaya untukmu. Dengarkan dan patuhi peringatan mereka sehingga kamu tak mengalami kecelakaan atau suatu kerugian. Jangan marah saat mendapat peringatan dalam bentuk apapun karena itu merupakan cara Tuhan menyatakan kasih-Nya padamu. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Sabtu, 12 November 2011
Pertanyaan    : Apakah aku mematuhi peringatan tubuhku?
Aplikasi          : Jangan pernah abaikan peringatan tubuh.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk setiap peringatan yang Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar