Website counter

Selasa, 22 November 2011

Prangko


Baca : Galatia 5 : 16 – 26
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan. (Galatia 5 : 22)

Sebagian kita tentu pernah mengalami masa berkomunikasi menggunakan surat. Surat-suratan kepada sahabat pena atau sahabat yang tinggal di luar kota, atau kepada kekasih, adalah suatu kegiatan yang menyenangkan walaupun kita harus menunggu berminggu-minggu atau mungkin bulan untuk menerima balasan. Untuk mengirim surat, biasanya kita menggunakan perangko. Semakin jauh jarak propinsi atau negara tempat tujuan, semakin mahal harga perangkonya. Tujuan perangko dibuat adalah untuk ongkos kirim pos. Ketika membubuhkan perangko sesuai tempat tujuan, maka perangko itu pasti akan mengantarkan surat sampai tujuan. Perangko akan setia dan tak mungkin lepas walaupun tugasnya hanya satu kali saja, karena untuk itulah dia dibuat.

Perangko walaupun kecil dan oleh sebagian orang dijadikan barang koleksi, mengajarkan kepada kita arti kesetiaan melaksanakan tugas sampai selesai. Kita hari ini menjadi seorang Kristen tentu sudah tahu konsekuensi hidup murid. Matius 10 : 34 – 42 dengan rinci menulis bagaimana kita mengikut Yesus. Pertanyaannya sekarang adalah apakah kita masih setia mengikut Yesus? Banyak orang hari ini dengan sangat yakin berkata aku orang Kristen, aku setia kepada Yesus dalam keadaan apapun, aku setia sampai mati. Amin kalau kita berkata seperti itu, namun dalam prakteknya apakah kita benar-benar setia kepada Yesus?

Untuk menguji diri sendiri apakah kita setia atau tidak itu mudah kok. Kalau saat ini suami bangkrut atau mengalami masalah finansial, apakah kita tetap setia mendampingi dan terus menguatkannya? Kalau hari ini masyarakat mengucilkan karena kita dengan setia melakukan perintah Tuhan, apakah kita menurunkan standar iman atau tetap melakukan firman Tuhan? Kalau hari ini suami selingkuh atau terus menerus melakukan dosa yang sama, apakah kita mau setia mengasihinya, memberikan ampun dan menuntunnya kembali kepada Tuhan? Amsal 20:6 berkata : Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Semoga salah satu dari sedikit orang yang setia itu adalah Anda. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Woman – Senin, 14 November 2011
Pertanyaan    : Apakah aku pribadi yang setia?
Aplikasi          : Jadilah pribadi yang setia.
Doa                 : Tuha, tolong bantu aku menjadi pribadi yang setia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar