Website counter

Selasa, 01 November 2011

Mengubah Masa Lalu


Baca : Kisah Para Rasul 9 : 1 – 19a
Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. (Kisah Para Rasul 9 : 15)

Bisakah mengubah masa lalu? Ada yang menjawab bisa, ada yang tidak. Seburuk atau sebaik apapun masa lalu, itu semua bisa diubah karena masa lalu terjadi akibat hal yang kita kerjakan kemarin dan masa depan terjadi karena apa yang kita kerjakan hari ini. Memang peristiwa di masa lalu tidak mungkin bisa diubah secara langsung. Misalnya kita memaki ortu sehingga beliau sakit hati. Kita nggak mungkin bisa menghapus peristiwa itu, namun kita bisa mengobati luka hati ortu dengan meminta maaf dan menjadi anak yang berbakti.

Hari ini kita akan belajar dari 2 tokoh dari jaman yang berbeda yaitu Oprah Winfrey dan Saulus. Kita hari ini menggenal Oprah sebagai presenter acara Oprah Winfrey Show yang sukses selama puluhan tahun sehingga Oprah menjadi salah satu orang terkaya di AS. Namun kalau melihat masa lalunya kita mungkin nggak percaya Oprah bakalan sukses. Waktu lahir namanya salah ditulis oleh bidannya karena seharusnya Orpah. Dia pun berasal dari keluarga broken home dan sudah hamil diluar nikah karena pelecehan seksual oleh sepupunya pada umur 14 tahun. Nilai-nilai pelajarannya pun jelek. Oprah berhasil merubah masa lalunya yang kelam karena saat usia 16 tahun ia menyadari potensi dirinya yaitu pandai berbicara dan ia gunakan itu dengan bijak.

Saulus jenius dalam masalah Alkitab namun ia justru menjadi pembunuh dan penganiaya murid-murid Tuhan. Secara hitung-hitungan nggak pantas Saulus jadi rasul sehingga Annanias mengajukan keberatan kepada Tuhan. Pilihan Tuhan tak salah karena akhirnya Saulus menjadi rasul yang sangat radikal untuk Tuhan. sebagian besar kitab di Perjanjian baru ditulis oleh Paulus, yaitu surat-surat yang menceritakan pengalamannya melayani di berbagai kota dan menceritakan kabarnya kepada saudara-saudara seiman.

Kalau hari ini kamu merasa nggak pantes bermimpi besar apalagi melayani Tuhan karena masa lalumu yang suram, buang stereotip negatif itu. Banyak tokoh Alkitab maupun sekuler dari berbagai jaman yang masa lalunya suram dipakai Tuhan luar biasa saat mereka mau berserah pada Tuhan. Kamu pun bisa mengubah masa lalumu yang suram menjadi cerah di masa kini dan masa mendatang kalau mau menyerahkan hidupmu dalam Kristus. Datanglah pada Tuhan karena Ia sanggup mengubah masa lalumu. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah masa laluku menjadi penghalang untuk aku maju?
Aplikasi          : Perbaiki masa lalu hari ini dengan melakukan tindakan yang lebih baik.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tidak selalu memandang masa lalu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar