Website counter

Rabu, 07 Juli 2010

Mengembangkan Talenta


By : Richard T.G.R

Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Matius 25 : 21

Bacaan : Matius 25 : 14 – 30

Kalau hari ini Anda baru saja di PHK dan tak punya uang maupun usaha untuk menyambung hidup, apa yang akan Anda lakukan? Tentu kita tak akan berdiam diri, kita akan berusaha melamar pekerjaan kesana kemari, mencoba meminjam uang pada saudara untuk buka usaha, atau menjual harta benda kita untuk modal. Nah, kalau saudara kita mau meminjamkan uang sekian juta untuk modal, dengan syarat uang itu harus di gunakan untuk mengembangkan usaha yang menafkahi hidup kita, apakah kita menurutinya? Sudah pasti, kita akan gunakan uang itu untuk membuka usaha dan mengembangkannya. Bagaimana kalau rugi? Untung atau rugi itu resiko bisnis, yang penting jalani dulu.

Saudara yang dikasihi Tuhan, Sama seperti saudara kita yang mau memodali, Tuhan sesungguhnya memodali setiap manusia dengan talenta supaya mereka bisa memenuhi kebutuhan bahkan menjadi berkat untuk sesama. Lihatlah artis-artis cilik yang memiliki talenta menyanyi, model, atau berakting. Lihatlah orang-orang cacat seperti He ah Lee yang menjadi inspirasi banyak orang dengan talenta di bidang musik, lihatlah para atlit yang bertalenta di olahraga, lihatlah Kolonel Sanders yang bertalenta di bidang memasak. Mereka semua bisa sukses dan kita kenal hari ini, walaupun beberapa orang masih berusia sangat muda, karena mau mengembangkan talenta. Mereka menjalani hidup seperti hamba yang memiliki 5 dan 2 talenta.

Saudara yang dikasihi Tuhan, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mengembangkan talenta atau hidup dalam rutinitas sehingga tanpa sadar Anda mengubur talenta yang Tuhan berikan? Tuhan berikan kita talenta supaya kita bisa memenuhi segala kebutuhan hidup dan menjadi berkat bagi sesama. Senyaman atau seburuk apapun kondisi Anda hari ini, terus kembangkan talenta Anda.



Catatan : Artikel ini di muat di RHK Aletea, Selasa, 13 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar