Website counter

Minggu, 30 Juni 2013

Seperti Trenggiling

Baca : Mazmur 57 : 1 – 12
Tinggikanlah diri-Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah kemuliaan-Mu mengatasi seluruh bumi! (Mazmur 57 : 6)

Kamu kenal trenggiling? Kalau diperhatikan baik-baik, trenggiling itu keren lho. Kepalanya berbentuk kerucut, moncongnya lancip dan kecil. Tapi di dalamnya tidak ada giginya sama sekali. Meski begitu, ia punya lidah yang bisa dijulurkan sejauh 25 cm, yang berguna untuk menangkap semut. Selain itu, Tuhan memberikan sisik-sisik sekeras baja di hampir seluruh tubuh trenggiling. Kalau musuh trenggiling semacam anjing hutan atau macan loreng menyerang, ia tinggal menggulung tubuhnya seperti bola. Kalau sudah begini percuma saja mereka menyerang karena ia tidak mempan gigitan. Setelah musuhnya kabur meninggalkannya, barulah ia kembali ke bentuk semula dan melakukan aktifitasnya dengan tenang.

Jagoan Kristus, Tuhan menciptakan setiap mahluk dengan bentuk tubuh yang unik. Sekalipun ada beberapa mahluk yang punya kelemahan, namun di sisi lain Tuhan memberikan mereka kelebihan. Contohnya si trenggiling itu. Meski ompong ia punya lidah yang panjang dan tubuh sekeras baja. Oleh karena itu, jangan minder kalau kamu tidak punya kelebihan yang dimiliki orang lain sebab kamu pasti punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Daud adalah raja yang dipilih oleh Tuhan untuk mengantikan Saul. Saat diburu-buru Saul dan pasukannya, secara fisik sebetulnya Daud tak sanggup melawan. Namun Daud selalu selamat karena ia mengandalkan Allah yang maha hebat dan tak pernah mau berniat jahat kepada Saul walaupun ada dua kali kesempatan untuk melakukannya. Daud lari hanya untuk melindungi diri.

Jagoan Kristus, apapun kelebihan yang kamu punya saat ini, jangan pernah sombong dan gunakan kelebihan itu untuk mencelakakan orang lain. Jika kamu melihat ada temanmu yang memiliki kelemahan, jangan hina dia karena pasti dia memiliki beberapa kelebihan yang tidak kamu miliki. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Selasa, 18 Juni 2013
Pertanyaan    : Apakah saya suka menyombongkan diri?
Aplikasi          : Jangan sombong.
Doa                 : Tuhan, ajar kami untuk selalu rendah hati. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar