Website counter

Minggu, 30 Juni 2013

Sulit atau Tidak Mudah

Bacaan : Bilangan 13 : 1 – 33
Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!" (Bilangan 13 : 30)

Apa perbedaan kata ″sulit″ dan ″tidak mudah″? Kalau sama saja di mana kesamaannya? Kalau beda, di mana perbedaannya? Sulit dan tidak mudah sebetulnya memiliki arti yang sama, yang membedakan adalah fokusnya. Kalau kita berkata sulit kepada suatu hal, kita lebih berfokus kepada aneka kesusahannya, bukan berfokus pada usaha kita untuk menyelesaikannya. Alhasil kita tak mau berusaha dan menyerah sebelum mencoba. Namun kalau kita berkata tidak mudah, kita mau berusaha lebih dahulu dan mengupayakan berbagai cara walaupun harus mengalami berbagai kesulitan lebih dahulu. Nah, kata apa yang biasa kita ucapkan, sulit atau tidak mudah?

Fokus kita setiap hari sangat menentukan hasil yang kita raih. Fokus Yosua dan Kaleb membuat mereka tetap hidup dan berjuang mendapatkan tanah Kanaan. Fokus sepuluh pengintai lainnya membuat mereka tak mau berusaha dan mati, padahal mereka sudah melihat sendiri betapa suburnya tanah Kanaan. Kedua belas pengintai maju bersama-sama, menjelajahi tanah Kanaan bersama-sama, mereka semua pun adalah pemimpin, namun ada yang berhasil dan ada yang tidak ditentukan oleh fokus mereka masing-masing. Sehingga kalau kita saat ini merasa tidak diberkati sedangkan rekan kita diberkati, coba kita lihat fokus kita selama ini. Bukan salah keadaan, bukan salah rekan-rekan, bukan salah Tuhan, namun sering kali kesalahan terletak pada diri kita sendiri yang salah dalam memandang sesuatu. Kita lebih fokus pada kesulitannya dan tak mau mencoba, sehingga Tuhan tak bisa berkati kita. Sedangkan orang yang mau bersusah payah menuai hasil.

″Sulit″ dan ″tidak bisa″, kedua kata ini terkesan sederhana dan sering kali kita ucapkan, namun memberikan dampak yang besar. Oleh karena itu, biasakan menghindari mengucapkan kata ″sulit″ saat kita ditantang melakukan sesuatu. Coba lebih dahulu dan fokus kepada solusi, maka hal sesulit apapun pasti mampu kita selesaikan. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Motivator – Kamis, 27 Juni 2013
Pertanyaan    : Kata apa yang sering kita ucapkan, sulit atau tidak mudah?
Aplikasi          : Biasakan menghindari kata “sulit”.
Doa                 : Tuhan, ajar kami memiliki fokus yang benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar