Website counter

Jumat, 10 Februari 2012

Mempermalukan Diri Sendiri

Baca : Yohanes 13 : 1 – 20
kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu. (Yohanes 13 : 5)

Almarhum Papa saya dahulu bekerja sebagai penjaga toko kelontong. Setiap hari beliau berangkat pukul 7 pagi dan pulang pukul delapan malam. Saat SD, saya malu dengan pekerjaan Papa karena merasa pekerjaan itu hina, ditambah teman-teman suka mengejek pekerjaan Papa. Saya merasa pekerjaan Papa memalukan saya dan mempermalukan Papa. Namun saat beranjak dewasa, saya sadar karena Papa mau mempermalukan dirinya dengan pekerjaannya, saya bisa sekolah sampai universitas, bisa makan setiap hari, dan yang terpenting Papa mengajarkan arti tanggung jawab sebagai seorang kepala keluarga.

Membaca kisah Yesus membasuh kaki para murid, di satu sisi kita melihat Yesus mempermalukan diri (ayat 5). Yesus bersikap seperti pelayan dengan membasuh kaki para murid, termasuk kaki Yudas Iskariot yang sebentar lagi akan mengkhianati-Nya. Kalau kita baca tindakan Yesus yang lain, kita pun melihat Yesus mempermalukan diri dengan makan bersama pemungut cukai, ngobrol dengan perempuan sundal, atau menyentuh kepala orang sakit kusta. Yesus tak hanya rela memalukan diri sendiri, bahkan Ia rela mati di kayu salib karena sangat mengasihi kita. Yesus tak malu mengakui kita yang berdosa sebagai anakNya, namun ironisnya sebagian orang Kristen malu mengakui Yesus adalah Tuhan.

Apa buktinya? Berapa kali kita menyangkal Yesus dengan tak mau menjadi pelaku Firman Tuhan? Berapa kali kita membenci saudara seiman dan tak mau saling melayani? Berapa kali kita tak mau menginjil karena takut ditolak? Jangan pernah malu menjadi Kristen karena Tuhan sendiri tak pernah malu mengakui kita sebagai anakNya. Mari kita melakukan teladan Tuhan (ayat 15) sehingga dunia melihat kita menghidupi Firman Tuhan. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah tindakanku menunjukkan aku murid Yesus?
Aplikasi          : Mari melakukan apa yang Yesus lakukan.
Doa                : Tuhan, ajar aku memiliki tingkah laku seperti diri-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar